Dibuat © 15 Mei 2012. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Selasa, 15 Mei 2012

Cara ampuh menghindari hacker facebook


FACEBOOK


Tips mencegah hacking Facebook?? Mungkin kebanyakan orang sudah jenuh dengan tips-tips seperti ini, karena hampir setiap Facebooker selalu memperbincangkannya, tetapi profil Facebook tetap saja rawan terkena hack. Mereka juga telah melakukan apa yang harus dilakukan, tetapi hasilnya tetap sama.
Berdasarkan pengamatan saya, artikel-artikel yang beredar di dunia mengenai cara-cara untuk mencegah hacking Facebook, banyak diantaranya telah membahas panjang lebar mengenai tips-tipsnya, seperti menyembunyikan email dari profil, waspadai "fake login", mengganti password secara berkala sampai menggunakan virtual keyboard. Tetapi tips-tips diatas menurut saya itu masih belum cukup kuat untuk bisa melindungi Facebook kita.
Bayangkan saja dalam empat hari terakhir ini saya mendapati ada tiga teman saya yang Facebook-nya telah dihacking. Lalu saya bertanya dengan mereka, dari situ saya menyimpulkan bahwa mereka semua telah melakukan tips-tips mencegah hacking Facebook yang banyak beredar di dunia maya. Masalah yang menimpa ketiga teman saya inilah yang membuat saya terdorong untuk kembali menulis artikel tentang antihacking Facebook.
Lalu sebenarnya apakah masih ada yang salah dengan tips-tips yang selama ini beredar? Jawabannya ADA! seperti yang telah saya sebutkan diatas, tips yang selama ini beredar sudah basi! Karena masih ada "lubang besar" di akun kita dan apabila "lubang" itu kita tutupi maka InsyaALLAH semuanya akan menjadi lebih aman dari hacking Facebook. Itulah mengapa saya beri judul artikel ini "Cara Terbaik Mencegah Hacking Facebook"
Di dalam kehidupan kadang kita lebih fokus pada sesuatu yang nampak besar tetapi sebenarnya itu adalah hal yang sepele hingga kita melupakan sebuah hal yang penting. Seperti inilah yang terjadi Facebook kita. Kunci dari hacking Facebook juga ada di sebuah hal yang sering dianggap sepele atau bahkan dilupakan oleh kebanyakan orang. Apa itu? Pertanyaan Keamanan yang ada di email kita. Ini modus klasik yang sampai sekarang masih sering dipakai oleh hacker adalah membobol email korbannya dengan menggunakan fitur forgot password yang ada di email kita lalu menjawab pertanyaan-pertanyaan keamanan yang terkadang berisi pertanyaan-pertanyaan yang mudah ditebak oleh orang terdekat atau hacker kemudian si hacker meminta restart password dari situs Facebook. Dan akhirnya pun Facebook akan mengirimkan sebuah email konfirmasi yang berisi kode untuk restart password Facebook. Sebegitu mudah kah? Iya, karena sebagian besar dari kita cenderung memakai pertanyaan dengan jawaban yang mudah diingat (dan 99% mudah ditebak oleh teman dekat kita)
Contoh: 
  • Pertanyaan: Siapa nama belakang ibu anda?
  • Jawaban :MAUTAUAJJA12345
Pertanyaan-pertanyaan mudah seperti diatas yang kebanyakan dipakai. Apabila si hacker sudah mengenal dekat korban maka akan begitu mudah menjawabnya. Menurut saya  fitur pertanyaan keamanan email tadi justru akan menjadi boomerang bagi kita yang mengabaikan dan mengannggap remeh karena apabila si hacker sudah mengenal dekat siapa diri kita maka dia akan dengan mudah menjawab pertanyaan keamanan itu dan membobol facebook kita.
Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk segera mengganti pertanyaan keamanan email anda sekarang juga. Caranya adalah sebagai berikut:
Bagi Pengguna Yahoo!: 
Klik halaman ini: 
http://help.yahoo.com/l/us/yahoo/acct/info/sqachange.html lalu Login ke Yahoo! apabila diperlukan Kemudian isilah kolom informasi yang ingin anda update yaitu pertanyaan kata sandi anda (security question and answer). Lalu klik save/submit.
Bagi anda pengguna Gmail:
Klik halaman ini: 
https://www.google.com/accounts/UpdateAccountRecoveryOptions?hl=en&service=mail    kemudian Login ke Gmail apabila diperlukan kemudian gantilah pertanyaan kata sandi anda (security question and answer). Lalu klik save/submit.
Saran saya, dalam membuat pertanyaan keamanan, janganlah tentang hal yang bersifat pribadi yang mungkin saja orang-orang bisa menebaknya dengan mudah, jangan memilih pertanyaan standar tetapi buatlah pertanyaan anda sendiri dan jawaban yang unik yang tidak terkait dengan hal-hal pribadi kita atau bahkan tidak terkait dengan pertanyaan anda. 
Contohnya: 
  • Pertanyaan: Siapa penulis buku Harry Potter?
  • Jawaban: GWDONG7658
Kemudian simpan pertanyaan dan jawaban anda di notepad, handphone, buku diary anda atau dimanapun yang anda mau. Hal ini untuk mengantisipasi anda lupa dengan pertanyaan dan jawaban pertanyaan tadi. Saya pun melakukannya, karena jujur saya sendiri pun tidak hafal dengan jawaban dari pertanyaan saya.
Ini adalah salah cara terbaik untuk melindungi akun Facebook anda. Dengan digantinya pertanyaan keamanan email anda, sekarang email anda kini akan menjadi lebih terlindungi dan Facebook pun akan terhindar dari Hacker. Tetapi perlu diingat ini bukan untuk mencegah 100% hanya meminimalkan resiko anda terkena hacking. Tetapi dengan adanya fungsi pencegahan yang baik, maka kita akan menjadi lebih terlindung dari hacker. Semoga bermanfaat.